Skip to content

Karl Marx Said

November 25, 2010

Posting dulu sebelum ujian CB besok yang bertema tentang Relasi Dengan Tuhan.
Mata kuliah yang menurut g agak ga penting ini, karena hampir semua orang pasti beragama dan mempunyai pandangan sendiri tentang agama itu masing-masing.
G sendiri ga tertarik sama mata kuliah ini, sempet dengerin temen-temen debat di kelas soal agama kalo lagi kelas CB.
Agama aja diperdebatkan, bukannya harusnya dipraktekan?

Lalu, g baru aja baca dari blog guru g pas sma dulu di postingannya tentang sosok Karl Marx yang mungkin mempunyai pandangan atheis. Karl Marx ini seorang pemikir dari Jerman.

Karx Marx mengatakan bahwa agama itu adalah candu bagi masyarakat. logika yang dia pake begini :
manusia itu selalu berhadapan dengan masalah. masalah yang dihadapi oleh manusia disebabkan oleh manusia. yang bisa memecahkan masalah manusia ya hanya manusia.
so bagi karl marx agama cuma sekedar pengalih dari masalah sebenarnya.
sebab menurut karl marx lewat ritual keagamaan manusia dapat melupakan sejenak permasalahan hidupnya.
begitu manusia keluar/selesai dengan ritual keagamaannya maka manusia kembali kepada masalah. dan masalah itu menuntut perhatian/solusi.

Setelah dipikir-pikir emang bener juga kata-kata dia, kadang agama cuma kita jadikan sebagai sandaran dikala kita mengalami kesulitan.

Yah , bicara soal agama emang ga ada abisnya se. Tergantung pandangan dan prinsip orang yang meyakininya. G pribadi males banget kalo disuruh debat soal agama.

Sekian postingan ini, mao ke kampus ada ujian lagi jam 3.
See ya.
Regards!

From → Journal

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: