Skip to content

PC Terasa Lamban??

September 25, 2009

PC anda terasa lamban? mungkin waktunya bot ngecek keseluruhan system agar dapat berjalan dengan cepat dan efisien.
Berikut Tipsnya:

1. Tweak BIOS. Salah satu cara mudah mempercepat waktu start up Windows adalah dengan memodifikasi BIOS. Dalam BIOS (Basic Input/Output System), Anda dapat mengubah Boot Priority PC Anda. Selain itu, Anda dapat memilih device Window mana yang harus dijalankan pertama kali saat mengaktifkan PC. Cara ini sangat berguna jika Anda ignin mengaktifkan hard disk, baru kemudian DVD-Rom. Dengan begitu, waktu booting akan terasa lebih cepat.

2. Memeriksa program startup. Banyaknya program yang berjalan saat pertama kali windows startup,ada program yang memang dibutuhkan seperti antivirus, ada juga yang tidak. Sebagai contoh, program winamp atau real on kalo ga dipake sebaiknya nonaktifkan saja. Caranya, klik “Start|Run”, pada kotak yang tersedia, ketikkan msconfig, klik “Ok” dan beralih ke tab ‘Startup”. Di sini, Anda dapat memilih atau menon-aktifkan program yang Anda inginkan. Ingat, setelah melakukan perubahan setting ini, jangan lupa restart PC Anda! atau mao cara lebih simpel? Pake aj Ccleaner, di program ini ada feature yang bisa menonaktifkan startup secara mudah, tinggal pilih terus disable deh.

3. Rapihkan Hard disk. Seperti halnya ruangan, hard disk komputer juga bisa berantakan setelah digunakan selama seminggu. Untuk merapikan file yang berantakan, digunakan Windows Defragmenter. Untuk menggunakannya, klik “My Computer”, klik kanan hard disk yang ingin Anda defrag, pilih properties, lalu pilih tab “Tools”. Klik “Defragment Now”, kemudian pilih drive yang Anda maksud dan klik “Defragment”. Kadang menggunakan disk defragmenter akan terasa sangat lama, bisa juga menggunakan Tune-UP Utilities 2009 yang feature2nya guna banget bot windows kita.

4. Bersihkan PC. Bersihkan PC dengan menghapus file-file yang tidak berguna maupun e-mail sampah secara berkala. Jika Anda malas mengoptimalisasi PC, spyware, virus, dan malware dapat merusak sistem Anda. Akibatnya, PC akan berjalan lambat. Masalah ini bisa ditangani dengan beberapa utility yang terpisah. Namun, jika Anda ingin menggunakan satu utility yang mampu mengerjakan semuanya, lakukan dengan Norton atau McAfee.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: