Skip to content

Presentasi Yang Baik dan Benar

December 1, 2009

Wah pas tanggal 1 Desember 2009 g bikin postingan baru. Kali ini judulnya Presentasi Yang Baik dan Benar, banyak alasan yang mendasari g memilih judul di atas.
Salah satunya adalah saat kita kuliah kerap kali kita menghadapi yang namanya presentasi, entah mengapa g perhatikan hal ini menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang.
Selama 3 semester g kuliah uda sering banget ada presentasi di kelas dan bukti paling nyata ketika presentasi mata kuliah KM dimana ada presentasi dan sang dosen mengatakan presentasi yang ditampilkan belum cukup baik. G sendiri tertarik bagaimana se cara presentasi yang baik dan benar itu, nah ini ada beberapa tipsnya dibaca ya.

1. Kuasai isi materi Anda. Pada saat presentasi, sebaiknya Anda seminim mungkin melihat kertas karena hal tersebut dapat membuat orang lain berpikir kalau Anda tidak terlalu menguasai materi. Salah satu cara menyiasati hal tersebut dengan cara menguasai betul materi Anda. Hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih percaya diri di depan panggung nantinya.

2. Berlatihlah sebelum Anda melakukan presentasi. Semalam atau beberapa hari menjelang hari presentasi, ada baiknya Anda berlatih di depan teman-teman Anda atau berlatih di depan cermin. Cara tersebut dapat menaikan rasa percaya diri Anda dan juga dapat menghilangkan rasa canggung berbicara di depan banyak orang.

3. Kuasai peralatan presentasi Anda. Kalau Anda terlihat canggung menggunakan peralatan Anda sendiri berarti Anda harus bersiap mendapat pandangan pertama yang buruk dari peserta presentasi. Kuasai proyektor, laptop, mouse, atau pointer yang akan Anda gunakan.

4. Kontak mata. Jangan melupakan hal ini. Sebaiknya (sangat dianjurkan) Anda tidak terus menerus melihat kearah slide. Dengan terus melihat ke arah penonton, diharapkan Anda seperti berbicara dua arah. Selingi dengan lelucon, pertanyaan spontan kea rah penonton. Lakukan hal tersebut agar peserta tidak bosan. Selain itu, selingi slide Anda dengan musik, video, atau animasi.

5. Jangan lupa simpan data materi Anda. Ini penting. Sangat penting. Apabila Anda melupakan menyimpan data materi Anda, Anda dapat tegang saat itu juga dan kemungkinan besar semua materi yang ada di kepala Anda akan hilang. Oleh karena itu, simpan materi Anda di media penyimpanan yang mudah diingat, seperti laptop atau Flash Disk.

Semoga tips di atas berguna bagi kita yang masih sering menghadapi yang namanya presentasi, terlebih saat kerja nanti. Alangkah baiknya bila hal tersebut dilatih dari sekarang. Sekian.

Source: CHIP.

About these ads

From → Others

2 Comments
  1. Thk informasinya,,,,all ways success………amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: